Saturday, December 17, 2016

Syntax Dasar Dan Pengenalan Pemrograman Javascript


Sebelum kita melakukan peng-codingan javascript, ada baiknya jika anda yang pemula mengetahui apa saja yang di butuhkan untuk mengimplementasikan Javascript pada halaman  Web, sebagai berikut
  • Aplikasi Editor : Notepad, Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, kalau saya lebih sering pakek Macromedia Dreamweaver lebih mudah.
Oke, selanjutnya pengenalan tentang Javascript. Javascript ialah suatu bahasa pemrograman web yang berbasis scripting. Artinya anda dapat menambahkan kode Javascript bersama kawan-kawannya seperti : HTML, PHP, CSS, namun ia lebih akrab dengan HTML. Sebagai penanda bahwa itu Javascript, kita memerlukan tag khusus untuk membedakan antara kode Javascript dengan kode HTML. Tag tersebut dapat di tuliskan sebagai berikut ini:


Sebagai contoh, kita dapat membuat dokumen web pertama kita yang mengandung kode Javascript, ini adalah contoh sederhana, kita akan menampilkan kalimat “Selamat Datang Di Javascript” pada browser. Ketiklah kode berikut ini:


Setelah kalian menuliskan kode diatas, ada dapat  menyimpan dokumen tersebut dengan nama “javascript.html”, setelah itu taruh di folder yang menurut anda mudah menemukannya. Setelah itu anda tampilkan document tersebut di halaman web dengan meng-klik 2 kali dukomen tersebut di folder tempat anda menyimpan dokumen tersebut dan akan Nampak seperti gambar berikut:


Demikian tutorial Pengenalan Javascript, ini merupakan awal Langkah untuk pengenalan syntax dasar javascript nanti saya akan menulis artikel tentang Syntax Dasar dan Pengenalan Pemrograman Javscript yang ke 2, semoga bermanfaat Jangan lupa beri komentar artikel ini Terima Kasih.

Tutorial berikutnya:
Penulisan Perintah Kode pada Javascript 

0 comments:

Post a Comment