Wednesday, October 15, 2014

FUNGSI HARDDISK DAN JENIS-JENISNYA

HARDDISK

A. Pengertian
Piranti penyimpanan sekunder dimana  data disimpan sebagai pulsa magnetic pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector.
B. FUNGSI
Untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat computer/laptop. Didalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah computer.




C. JENIS-JENIS HARDDISK


  •    IDE (integrated Drive electronics

Jenis Harddisk-IDE (Integrated Drive Electronis) merupakan standar interface antara bus data motherboard computer dengan disk storage. IDE Interface dibuat berdasarkan IBM PC Industry Standard Architecture (ISA) 16-bit bus.






  •     ATA

ATA merupakan interface Harddisk yang paling popular dan banyak digunakan pada PC Dekstop maupun PC Server. ATA menggunakan teknologi transfer data secara parallel (semua bit data dikirim secara bersamaan).



  •    SATA

Harddisk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu interface disk ATA (Andvanced Technology Attachment) dengan versi serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurangi latensi. Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus parallel.

  •    SCSI

SCSI (Small Computer System Interface) dibaca “skasi” adalah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara computer dan peripheral lainnya.





       Demikian artikel saya tentang harddisk serta jenisnya dan fungsi serta kapasitas kekurangan dan kelebihan pada masing-masing tipe harddisk, semoga artikel saya bermanfaat bagi yang membaca di blog ini, jangan lupa beri komentar pada blog ini... thanks

0 comments:

Post a Comment