Tuesday, September 16, 2014

PENGERTIAN POWER SUPPLY DN JENIS-JENIS POWER SUPPLY

Power supply


a.     Pengertian
Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mensupplay tegangan langsung ke hardware CPU dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll.



Fungsi
Mengubah tengangan AC menjadi DC (arus searah),
karena hardware computer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC)


Jenis-jenis Power Supply
A.    Power Supply jenis AT

Power Supply yang memiliki kabel power yang dhubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power (P8 dan P9). Kabel yang berwarna hitam dari konektor P8 dan P9 harus bertemu di tengah jika di satukan.
Pada power supply jenis AT ini, tombol ON/OFF dihubungkan langsung pada tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikan computer, kita harus menekan tombol power yang ada pada bagian depan casing. Power supply jenis AT ini hanya digunakan sebatas pada era computer Pentium II. Pada era Pentium III keatas atau hingga sekarang, sudah tidak ada computer yang menggunakan power supply jenis AT. Selain itu output connectornya yang tersedia hanya untuk Hardisk dan CD/DVD Drive.

B.   Power Supply Jenis ATX

Power Supply ATX (Advanced Technology Extended) adalah jenis power supply yang terbaru dan paling banyak digunakan saat ini, Perbedaan yang mendasar pada PSU jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya, jika power supply AT menggunakan Switch dan ATX menggunakan tombol untuk mengirimkan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard. Seperti yang kita tahu bahwa tegangan listrik di Indonesia adalah berkisar di angka 220 V, sehingga  power supply merubahnya menjadi 12 V dan 5 V.
Output yang lain terdiri dari :
-         4 pin untuk prosessor
-         20 pin dan 24 pin untuk motherboard
-         4 set pin untuk hardware CD/DVD dan harddisk
-         2 set pin untuk soket sata 
                Demikian penjelasan dari blog saya tentang  pengertian power supply  dan beberapa contoh semoga postingan saya bermanfaat bagi anda yang membaca di blog ini dan jangan lupa beri komentar tentang blog ini, sekian terima kasih...

2 comments: